Koperasi Energi Terbarukan Indonesia/KOPETINDO Siap Beli Kayu Bekas Masyarakat

Chairman Kopetindo, Widi Pancono saat melakukan penandatnganan kerjasama dengan Pemda Belitung.

Let,s Go Blue

Bacaan Lainnya

Biomassabiru, Belitung – Sejumlah desa yang ada di Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan bekerja sama dengan Koperasi Energi Terbarukan Indonesia (Kopetindo) dalam pengelolaan pemanfaatkan kayu bekas, untuk co-firing pada PLTU dan kompor biomassa.

Penandatanganan kerjasama tersebut dihadiri Dandim 0414 Belitung, Kapolres Belitung, Camat Badau, Camat Membalong dan Camat Tanjungpandan, beserta Jajaran PLN Area Belitung juga PLTU Suge yang dilakukan di Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belitung, Senin (28/8/2023) kemarin.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh mengatakan kerja sama ini dilakukan untuk membangkitkan koperasi di lingkungan masyarakat dimana pencipta Koperasi Bapak proklamator Bung Hatta mencita-citakan Koperasi menjadi Pilar ekonomi Bangsa, khususnya desa menjadi subjek pembangunan.

“Kerja sama nanti yakni pihak perusahaan akan membeli kayu bekas milik warga dengan kriteria kayu diluar kawasan Hutan. Kemudian diproses menjadi Wood chip sebagai bahan campuran batu bara,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Sanem ini menjelaskan bahwa Pemda sangat mendukung adanya kerja sama tersebut.

“Sebab sangat mendukung program pemerintah, juga program dunia terkait pengurangan emisi karbon yang dihasilkan oleh bahan baku energi fosil seperti batu bara dan sekaligus mendukung program dunia NZe 2060,” jelasnya.

Sementara itu, Chairman KOPETINDO sekaligus Direktur PT Mentari Biru Energi, Ir. Widi Pancono dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kerja sama perusahaan dengan masyarakat yakni untuk memanfaatkan lahannya yang kurang produktif agar ditanami tanaman energi untuk ketahanan energi nasional.

Ia menjelaskan, perjanjian antara perusahaan dan masyarakat yakni dengan sistem jual beli. Misalnya, kayu bekas yang ada di kebun mereka akan dibeli dengan harga yang disepakati bersama perkilogramnya.

“Kita juga akan memberikan bibit tanaman kepada masyarakat, jika ingin menanam tanaman energi. Semoga dengan adanya kerja sama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.(*)

Sumber : Belitungekspres

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *