Pentingnya Melibatkan Pelaku Usaha Dalam Pengelolahan Sampah

CEO PT Maharaksa Biru Energi Tbk Bobby Gafur Umar, hampir semua kategori sampah dari organik, anorganik/kertas, hingga sampah residu dapat diolah dan menghasilkan uang. Bahkan, nilai ekonomi keseluruhan sampah di Tanah Air bila ditotal bisa mencapai lebih dari Rp 150 triliun per tahun.

Dari keseluruhan jenis satu kategori sampah, memang plastik yang nilai ekonominya paling tinggi.Tapi, kalau dikelola secara bijak, semunya bisa menjadi uang.

Bacaan Lainnya

 Sedangkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan, kontribusi sampah plastik mencapai 18,5% dari keseluruhan sampah nasional yang tahun lalu mencapai 44,2 juta ton. Selama ini sampah plastik diolah oleh perusahaan pengelola sampah seperti Moretrash menjadi bijih plastik yang kemudian diserap oleh industri pengolah sampah plastik.

Dari kebutuhan industri terhadap bijih plastik yang menurut Kementerrian Perindustrian nilainya mencapai Rp 62 triliun per tahun, selama ini yang bisa dipenuhi oleh pengelola sampah plastik hanya 7%-nya atau senilai Rp 4,34 triliun. Sisanya dipenuhun melalui impor yang berarti memakan devisa negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *