Pentingnya Melibatkan Pelaku Usaha Dalam Pengelolahan Sampah

Jika dikelola dengan baik, sampah yang ada bisa untuk memenui permintaan industri,Sementara terhadap sampah organik yang terutama dari sampah sisa makanan (food waste), selama ini mengolahnya untuk menghasilkan maggot atau semacam belatung.

Maggot ini diyakini sebagai pakan ternak yang memiliki nilai protein sangat tinggi sehingga baik untuk kembang biak ternak. Peluang bisnis maggot ini juga sangat tinggi, nilainya hampir sama dengan plastik (Rp 62 juta).

Bacaan Lainnya

Terhadap sampah residu seperti baterai pun bisa mengolahnya untuk mengahsilkan briket dengan nilia kalori lebih tinggi dari batu bara.Sementara itu, menanggapi masih tingginya volume sampah yang dibuang di TPST meski sudah melibatkan swasta,itu terjadi karena keterlibatan dan kerja sama swasta yang tidak dibarengi dengan riset yang mencukupi.

Upaya pengelolaan sampah yang profesional tidak hanya akan mengampanyekan secara masif untuk aksi reduce, reuse, dan recycle, tapi juga mendorong replace, dan replant dalam pengelolaan sampah secara nasional. Selain itu, pengelolaan sampah ini juga bisa menyerap banyak tenaga kerja, terutama dari lingkungan sekitar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *